WAJAH DAN TANTANGAN UKM SEPATU BOGOR RAYA

redaksi Sun 8 Rabi Al Awwal 1442AH 25-10-2020AD 0
WAJAH DAN TANTANGAN  UKM SEPATU BOGOR RAYA

Bogor – Usaha Kecil dan Menengah sepatu di wilayah Bogor Raya yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bogor merasakan dampak dari Covid19, bahkan sebelum pandemi Covid mereka sudah terdampak dikarenakan datangnya produk China daratan yang masuk ke pasar tradisional mereka dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih baik. Sekarang ditambah Covid 19 kondisi mereka tentu lebih tidak baik dibandingkan sebelum pandemi tiba.

Daya beli menurun dan ada pilihan produk yang lebih baik , misalnya disisi produksi kelemahan produksi lokal Bogor Raya paling terlihat adalah penempelan sol yang masih manual tidak menggunakan mesin press , supaya sepatunya tidak gampang “mangap”. Selain itu juga skala industrinya perlu dilakukan “penyatuan ” proses pembelian bahan baku supaya harga bahan bakunya lebih murah supaya harga jual bisa bersaing dengan produk dari daratan China. Peningkatan dan menjaga mutu adalah hal yang penting selain inovasi produk. selain itu juga marketing dan sales harus dilakukan dengan optimal, serta memahami bahwa kegiatan promosi dansales itu adalah bagian penting yang menjadi komponen biaya juga dalam produk mereka.

Selain itu tentu saja harus ada kampanye menyelamatkan industri lokal . yang dilakukan oleh banyak pihak terutama pemerintah misalnya meningkatkan mutu, membantu promosi yang ujungnya membuat banyak masyarakat mau membeli produk sepatu lokal walaupun harganya lebih mahal tetapi dengan kualitas yang sama dengan produk China daratan. dan ada kesadaran dari konsumen bahwa membeli produk lokal itu membantu ekonomi orang banyak.

Leave A Response »