PMI Pusat kunjungi PMI Sukabumi

redaksi January 10, 2020 0
PMI Pusat kunjungi PMI Sukabumi

Bambang.
SUKABUMI:Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi mendapatkan kunjungan kerja dari PMI Pusat, PMI Provinsi, American Red Cross, USAID, Atmago, Peta bencana dan open street map dalam rangka program kesiapsiagaan bencana, pada hari Kamis, 9 Januari 2020, di Kantor Kecamatan Baros.

Kunjungan kerja tersebut berkaitan dengan program kesiapsiagaan bencana gempa bumi yang telah dan sedang berjalan, yang merupakan kerjasama antara PMI Kota Sukabumi dan American Red Cross.

Dalam kunjungan kerja tersebut, PMI Kota Sukabumi berkesempatan menjelaskan mengenai kemajuan dari proses kerjasama tersebut. Diantaranya mengenai pelatihan dan pemahaman yang telah diberikan kepada relawan PMI dalam kesiapsiagaan bencana.

Dalam kunjungan kerja yang juga dihadiri perwakilan beberapa Dinas dan Badan pada Pemerintah Kota Sukabumi seperti Dinas Kominfo, Dinas PUPRPKPP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Kecamatan dan Kelurahan Baros, dilakukan focus grup discussion (FGD) mengenai kesiapsiagaan bencana.

Diskusi yang dilakukan diantaranya mengenai peta resiko bencana, diseminasi kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat serta kegiatan – kegiatan yang telah dilakukan dalam proses kerjasama tersebut. Selain itu, melalui diskusi tersebut juga diungkapkan bahwa BPBD Kota Sukabumi bersama PMI Kota Sukabumi tengah menyusun peta resiko bencana yang akan berujung pada penyusunan rencana kontigensi.

Sedangkan melalui program kesiapsiagaan bencana gempa bumi antara PMI Kota Sukabumi dan American Red Cross, telah dibentuk relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di Kelurahan Baros. Tujuan dari kerjasama ini diantaranya meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana gempa bumi dan pengurangan resiko bencana. (Rsh)

Leave A Response »